Ingat! Jangan Pernah Berbagi Obat dengan Orang Lain

Dibaca: 392 kali  Sabtu,31 Agustus 2013 | 02:34:00 WIB

 Ingat! Jangan Pernah Berbagi Obat dengan Orang Lain
Ket Foto :

Jakarta-Apakah Anda berbagi buku, makanan, atau pakaian dengan teman? Itu adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana jika berbagi obat-obatan? Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Reuters, satu dari 10 orang mengkonsumsi obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.

“Wilson Compton, MD, direktur divisi di National Institute on Drug Abuse, menuturkan, meminta obat-obatan dari orang lain terjadi karena hal itu lebih hemat waktu dan tentunya hemat biaya,” tulis laman Women’s Health Magazine, Rabu, 28 Agustus 2013.

Mayoritas responden mengatakan, mereka menggunakan obat orang lain untuk meringankan masalah kesehatan umum, seperti nyeri, flu, dan gangguan tidur.

Kendati itu adalah masalah kesehatan ringan dengan gejala yang mirip dengan orang lain, Compton tegas mengatakan, hal ini bisa menyebabkan seseorang menderita komplikasi yang tidak terduga. Intinya, apa yang aman bagi seseorang, belum tentu aman bagi orang lain.

Jadi, jika gejala kesehatan mulai muncul, jangan tergiur untuk meminta rekomendasi orang lain. Selalu lakukan konsultasi pada dokter atau apoteker. Alih-alih sembuh, penggunaan obat yang salah justru bisa memperparah kesehatan. (rep05)

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks