BI Rate Naik, Rupiah Diprediksi akan Menguat

Dibaca: 551 kali  Kamis,29 Agustus 2013 | 07:38:00 WIB

 BI Rate Naik, Rupiah Diprediksi akan Menguat
Ket Foto :


Jakarta-Penaikan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI rate sebesar 50 basis poin menjadi 7 persen dinilai bakal menguatkan nilai tukar rupiah. Meskipun, penaikan itu juga akan memerlambat kinerja ekonomi Indonesia.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Destri Damayanti mengatakan, penaikan BI rate yang dilakukan bank sentral hari ini akan membuat pemilik modal asing enggan masuk ke Indonesia. Disisi lain, pemegang rupiah juga bakal berpikir ulang jika ingin menukarnya dengan dolar Amerika Serikat. "Return investasi rupiahnya akan menarik karena bisa mendapatkan bunga diatas BI rate. Pastinya, akan berdampak positif terhadap rupiah," katanya, di Jakarta, Kamis (29/8).

Selain itu, penaikan BI rate juga dinilai sebagai langkah tepat untuk mengerem laju inflasi yang sepanjang tahun ini sudah menembus 8,61 persen. Efek sampingnya, ekonomi akan bergerak melambat.

Sebelumnya, Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan BI rate sebesar 50 basis poin menjadi 7 persen Penaikkan BI rate tersebut diputuskan dalam rapat dewan gubernur. Selain itu suku bunga Fasbi juga naik sebesar sebesar 25 bps menjadi 7 persen dan suku bunga Deposit Facility naik sebesar 50 bps menjadi 5,25 persen. (rep05)

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks