Di Singapura, Angka Bunuh Diri Capai Rekor

Dibaca: 384 kali  Rabu,17 Juli 2013 | 02:18:00 WIB

Di Singapura, Angka Bunuh Diri Capai Rekor
Ket Foto :

SINGAPURA - Angka bunuh diri di Singapura terus meningkat. Bahkan pada tahun 2012, angka bunuh diri mencapai rekor tertinggi dalam sejarah negeri itu, yakni 467 kasus.

Peningkatan ini terjadi seiring lebih banyaknya kaum muda yang dilanda stres dan masalah percintaan dan memilih jalan pintas dengan mengakhiri hidup mereka.

Demikian disampaikan sebuah LSM konseling lokal, Samaritans of Singapore (SOS) dalam statemennya seperti dilansir detikcom, Selasa (16/7).

Angka tersebut merupakan kenaikan 29 persen dari total kasus bunuh diri pada tahun 2011. Pada tahun 2012 tersebut, terjadi lonjakan kasus bunuh diri sebanyak 80 persen pada usia 20-29 tahun.

"Masalah yang umum dihadapi kelompok usia ini melibatkan kejadian-kejadian yang menimbulkan stres dan masalah-masalah hubungan pribadi," demikian disampaikan SOS.

"Ini mencakup pengangguran, stres akibat studi atau pekerjaan, masalah keuangan, masalah keluarga dan masalah interaksi sosial serta perasaan kesepian," imbuh SOS.

Kelompok SOS bertujuan untuk mencegah bunuh diri dengan memberikan dukungan emosional lewat konseling pribadi dan membuka nomor telepon hotline 24 jam.

Menurut Christine Wong, direktur eksekutif SOS, kaum muda yang mengalami stres cenderung menyembunyikan masalah mereka dari orang lain dan tidak tahu harus kemana atau bagaimana atau siapa yang bisa mereka mintai tolong.

"Orang-orang di sekeliling mereka mungkin tidak sadar akan kesulitan mereka dan karenanya tak bisa memberikan dukungan yang diberikan," tutur Wong.

SOS menerima 39.994 panggilan telepon pada tahun 2012 mengenai keluhan ingin bunuh diri. Jumlah ini menurun dari tahun 2011 sebesar 40.025 panggilan telepon.

Di Singapura, perbuatan bunuh diri dianggap sebagai tindak kejahatan. Siapapun yang selamat dari percobaan bunuh diri bisa diancam hukuman penjara maksimum satu tahun atau dikenai denda, atau keduanya. (rep05)

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini