SOSIAL KONTROL OLEH MASYARAKAT DIHARAPKAN BISA IKUT MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN

Dibaca: 90 kali  Rabu,25 Oktober 2017 | 01:58:00 WIB

SOSIAL KONTROL OLEH MASYARAKAT DIHARAPKAN BISA IKUT MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN
Ket Foto :

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rohil, H. Suyatno Harapkan segenap lapisan masyarakat di Kabupaten Rohil untuk bahu membahu menyukseskan program pembangunan Kabupaten Rohil dengan sasaran utama yakni kemiskinan, pengangguran kesehatan. pendidikan dan pembangunan Infrastruktur di wilayah Kabupaten Rohil. Kontrol yang perlu dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat adalah mengenai peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dimana Rohil telah melaksanakan Pendidikan Gratis, Namun ini kurang berjalan dengan mulus, hal ini masih ada lagi terdengar dari laporan-laporan wali murid bahwa pihak sekolah yang masih memungut biaya dalam bentuk lain diantaranya uang daftar ulang, uang bangku atau uang perpisahan dan lainnya.

tadinyamiskinmenjadijutawandantidakkebingunganuntukmemenuhikebutuhanpangansehari-hari."Mau masaktinggalbeligaram, danbumbu-bumbusaja.Mau bawang, cabaidansayuran, tinggaldipanen di halamanrumah.Untukmasak, sudahada biogas danikan yang dipeliharasendiri," katanya.

 

Pada program ini, Suyatno memberikan pembelajaran bagi masyarakat, bahwa banyak yang dapat dimanfaatkan dari lahan yang sempit. Bahkan inovasi yang dikedepankan memberikan pelajaran; bahwa ternyata limbah ternak memiliki harga jual yang melebihi harga dari hewan peliharaan itu

"Dalam program ini, semuanya dibalik. Jika selama ini masyarakat menganggap sapi sebagai hewan ternak yang berharga, ternyata limbah atau kotorannya jauh lebih berharga. Bahkan air kencingnya bisa lebih mahal dari susu yang dihasilkan, bahkan lebih mahal dari minyak," katanya.

 

Untuk mendukung program peningkatan Sumber Daya Manusia, Pemkab Rohil fokus masalah pendidikan. Salah satunya adalah membantu biaya sekolah gratis dan bantuan seragam sekolah gratis. dan membangun pembangunan gedung sekolah, dan manambah ruang belajar siswa serta merenopasi sekolah untuk lebih cantik. sehingga para siswa belajar lebih aman dan nyaman. Selanjutnya, untuk bidang kesehatan, menyadari pentingnya kesehatan masyarakat, maka pemerintah Kabupaten Rohil melaksanakan program Layanan Puskesmas 24 jam dan biaya berobat gratis.

 

Adapun pembangunan yang dilakukan, menurut Bupati Suyatno sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rohil. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Rohil terus meningkatkan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan ruas jalan yang membuka daerah- daerah terisolir sehingga kini sudah memiliki akses jalan yang memadai bahkan aspal hotmix. Dengan terbukanya jalan-jalan dari berbagai pelosok.

 

Selanjutnya orang miskin di desa diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan guna peningkatan pengetahuan dan keterampilan berusaha pada bidang pertanian tanaman pangan, perikanan atau bidang peternakan. Pelatihan gratis, dana pinjaman modal usaha tersedia dan senantiasa siap dikucurkan oleh PD Bank BPR Rohil, pembinaan di lapangan usaha dilakukan para penyuluh, maka telah tiba saatnya untuk keluar dari tulang rusuk panjang”, ujar Suyatno.

 

Pekerjaan untuk mengajak masyarakat keluar dari tulang rusuk panjang bukan hanya tugas Bupati Rohil, tetapimerupakan tugas seluruh elemen masyarakat yang tentunya telah bersepakat untuk mensejahterakan rakyat dan keluar dari belenggu kemiskinan.

 

Peluang usaha dibidang pertanian terbuka lebar sebab hingga setakat ini 95 persen kebutuhan sayuran dan pertanian masyarakat masih didatangkan dari Provinsi Sumbar dan Sumut. Sapi juga berpeluang besar untuk dikembangkan karena Riau masih kekurangan daging dan juga masih kekurangan sapi untuk kurban. Dan komoditi yang layak dikembangkan di Kabupaten Rohil. Khsusus mengenai usaha perikanan yang selama ini terbentur dengan permasalahan mahalnya pakan ikan, maka dalam waktu dekat Pemkab Rohil dan investor akan segera membangun pabrik pakan ikan di Rohil dan sekaligus melakukan usaha ekspor ikan ke luar negeri.(adv/hms/rin)

 

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini