Mengukur Peningkatan Sistem Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi di Rohil

Dibaca: 105 kali  Rabu,18 Oktober 2017 | 09:52:00 WIB

Mengukur Peningkatan Sistem Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi di Rohil
Ket Foto :

ADVERTORIAL ROHIL

BAGANSIAPIAPI - riaudaily.com - Pemanfaatan TIK dalam prmerintahan bertujuan untuk menciptakan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas, TIK telah dirasakan manfaat dan keberadaannya ditengah-tengah kehidupan global dan di linikehidupan, seperti penerapan STIK didunia perbankan dan asuransi telah menciptakan atmosfir yang berbeda dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Mungkin awalnya TIK hanya sebatas penunjang kerja dalam bidang administrasi, tapikini TIK telah menjelma menjadi urat nadi dari administras iitu sendiri, sehingga TIK telah banyak merubahsiai kehidupan dan peradaban manusia secara global.


Masyarakat sangat membutuhkan berbagai pelayanan baik bersifat pemberian informasi naupun pelaksanaan dari proses pelayanan itu sendiri. Misalnya proses pengurusan pajak kendaraan, proses perizinan usaha, dan disisilainnya masyarakat juga dapat menyampaikan aspirasi atau pemberian saran kepada pemerintah atas kebijakan yang telah dikeluarkan maupun kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.

Tanpa adanya TIK untukmendapatkan pelayanan masyarakat harus mengunjungi instansi tersebut, dan jika tersebut melibatkan lebih dari satu instansi maka berdoa banyak waktu dan biaya yang dikeluarkan hanyau ntuk berkunjung dari satu satker kesatker yang lain, dan waktuakan lebih banyak terbuang jika proses layanan tersebut masih dilakukan dengan cara manual tanpa memanfaatkan TIK.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang saat ini baru memiliki pemimpin yang baru hasil pemilu serentak 2015 silam, telah banyak menciptakan program-program strategis dan memilik iskala prioritas, seperti peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, sarana pendidikan dan kesehatan,

Apaitu e-government?? e-government atau yang lebih dikenal dengan istilah e-gov adalah aplikasi teknologi informasi berbasis internet dan perangkat digital lainnya yang dikelola oleh pemerintah untuk keperluan penyampaian informasi dari pemerintah kepada masyarakat, mutrabisnis, pegawai badan usaha dan lembaga lainnya secara terkoneksi (online). Atau pengertian yang lebih sederhananya adalah suatu upaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas,

transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.
Salah satu aplikasi dari e-gov yang mesti kiranya dikembangkan dan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kab. Rokan Hilir adalah penerapan PPDB (Penerimaan pesertadidikbaru) secara online, dimana peserta didik tidak harus berbondong-bondong datang untuk melakukan pendaftaran kesekolah yang diinginkan.

namun cukup santai dirumah dengan modal Pc atau tablet Pc atau smartphone yang terkoneksi dengan internet. Atau sistem lain yaitu penerapan sisteminformasi rumah sakit, pasien Tidak harus antri berjam-jam hanya untuk mendaftar dipoliatau di dokterspesialis, cukup mendaftar secara online. Kemudahan-kemudahan seperti inilah yang semestinya diberikank epada masyarakat dan program ini menjadi skalaprioritas yang akan diterapkan oleh pemerintah untuk menciptakan efisiensi dan optimalisasi pelayanan publik.

Implementasidari e-gov tersebut akan sangat membantu para aparatur sipil negara dalam pelaksanaan proses administrasi pemerintahan, seperti :dokumentasi elektronik, administrasi keuangan, kepegawaian, peraturan perundang-undangan. Keberhasilan dari implementasi e-government adalah tersedianya SDM yang akan menjadi faktor penting, untuk itu pemerintah daerah harus terus berupaya meningkatkan kemampuan SDM daripara ASN. Untukm eningkatkan kemapuant ersebut, ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan, diantaranya adalah :

"Tentu dengan kontrol yang dilakukan dengan cara yang positif dan baik. Jangan lagi diberatkan beban masyarakat dalam hal ini wali murid, karena tidak semua wali murid yang mampu. Oleh sebab itu kepada wali murid maupun kepada kepala Sekolah bahwa tidak ada lagi yang namanya pungutan-pungutan yang memeberatkan," kata Bupati, dlam suatu kesempatan di Bagansiapiapi belum lama ini.



Oleh sebab itu Bupati Rohil meminta agar kita dapat mengontrol terhadap proses pemambangunan yang telah dilakukan oleh Pemkab Rohil terutama tentang pelaksanaan Pendidikan maupun terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas yang saat ini melayani 24 jam, Dia menilai masyarakat juga memiliki kepentingan untuk melakukan kontrol terhadap masyarakat terutama sekali kepada anak-anaknya agar tidak terjerumus dan terhindar dari penyakit Masyarakat (Pekat). Dikatakan Suyatno Narkoba sangat berdampak yang buruk sekali bagi generasi muda di Kabupaten Rohil.

Sikap tegas Bupati Rohil kerap mendapat sorotan dari berbagai pihak, namun sisi positif dari ketegasan itu adalah terus menyusutnya angka kemiskinan di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Rohil. Suyatno juga meminta untuk para kepala satuan kerja di Rohil serta para camat agar menjadi orang yang bersikap jujur.

Jika ingin memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat, dikatakanSuyatno, harus dimulai dari diri sendiri. Salah satunya, seluruh kadis dan camat juga harus memiliki lahan percontohan Desa serta Rumah Tangga Mandiri,
Setelah melaksanakannya dan program tersebut dan ternyata benar dapat menguntungkan,
lanjut Suyatno, barulah kemudian ditularkan kemasyarakat agar mereka terbebas dari kemiskinan.


Suyatnomengatakan, melalui program ini masyarakat benar-benar akan sejahtera jika serius melaksanakannya. Karena hasilnya tidak main-main, bisa membuat masyarakat yang  Rohil tersebut, diharapkan urat nadi perekonomian masyarakat juga terus berdenyut dan berkembang. Selain itu program pembangunan yang saat ini juga tengah berjalan adalah pembangunan kawasan jalan rigit di setiap jalan uatam di Rohil. dan yang tengah direncanakan yaitu kawasan industri Hilir. "kita akan bangun jalan-jalan di Rohil dengan pembangunan rigid, mulai dari simpang ujung tanjung hingga ke Bagansiapiapi nantinya," ungkap Bupati, Selain menggesa kinerja SKPD Bupati juga mengajak semua elemen masyarakat Rohil untuk bersatu membangun Rohil

termasuk partai politik. Suyatno mengajak seluruh partai politik bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Rohil dan bersama-sama membangun daerah. Bupati berharap terbangun sinergi sehingga pembangunan di Kabupaten Rohil dapat terus ditingkatkan.

Lebih jauh di sampaikan Suyatno, tokoh masyarakat Rohil yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting untuk bahu membahu memajukan Kabupaten Rohil. Kepala Desa dan para Camat serta para tokoh masyarakat hendaknya mampu memotivasi masyarakat untuk mau bekerja keras dan  menghindari penyakit malas atau segan dan sekaligus melenyapkan pameo buruk kemalasan yang di Kabupaten Rohil disebut orang-orang bertulang rusuk panjang.



Ciri khas orang-orang bertulang rusuk panjang itu adalah bila ia telah berumah tangga maka sang suami kerjanya dari pagi hingga sore hanya bermain domino dikedai-kedai atau warung-warung kopi. Kini telah tiba saatnya semua pihak bersepakat untuk berubah ke arah yang lebih baik. Mati kita bangun desa serata menata kota dan diharapkan dua tahun kedepan atau tepatnya pada akhir tahun 2021 Kabupaten Rohil menjadi Kabupaten Termaju di Provinsi Riau.

Caranya, tambah Suyatno. Seluruh kepala desa diminta memaping atau mendata seluruh masyarakat miskin di desanya, Selanjutnya Kades memilah usaha masyarakat miskin tersebut dengan minimal tiga pilahan yakni yang berusaha dibidang pertanian tanaman pangan, perikanan atau peternakan. Data ini diteruskan ke Camat dan Camat meneruskannya ke Bupati Rohil.(adv/hms/rin)
 

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini