Jamiluddin Minta Hasil Akreditasi Puskesmas di Rohil Harus Memuaskan

Dibaca: 189 kali  Selasa,20 Juni 2017 | 09:51:00 WIB

Jamiluddin Minta Hasil Akreditasi Puskesmas di Rohil Harus  Memuaskan
Ket Foto :

BAGANSIAPIAPI, riaueditor.com - Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin berharap tim Surveyor yang melakukan akreditasi terhadap Puskesmas-Puskesmas di Rokan Hilir (Rohil) memberikan nilai yang objektif. 

"Tentunya kita berharap hasilnya memuaskan sesuai dengan fakta di lapangan," kata Wabup, Ahad (18/6) kemarin.

Wabup menambahkan, sudah tiga hari tim berada di Rohil dan pada hari pertama ia langsung menyambut para tim dan juga sekaligus buka bersama di Mess Pemda. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada tamu yang datang di Negri Seribu Kubah.

"Akreditasi ini dalam upaya mencapai sasaran nasional bidang kesehatan, yang merupakan bagian dari Komitmen Global dan Nasional, seperti MDGs, SJSN, HIVAids, TBC, dan lain-lain, diperlukan dukungan pelayanan di Puskesmas," katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Rohil ini menyebutkan, perlu ditetapkan kebijakan tentang kegiatan pelayanan yang harus dilaksanakan secara generik oleh Puskesmas, terutama Pelayanan Promotif Preventif yang menjadi tugas utama dari Pelayanan Kesehatan Primer di Puskesmas.

"Salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas adalah melakukan Penilaian Kinerja Puskesmas melalui Akreditasi Puskesmas. Dengan adanya Akreditasi Puskesmas maka dapat diketahui kondisi jumlah dan kualitas sarana prasarana, ketenagaan dan kinerja Puskesmas, sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota mengetahui kemampuan Puskesmas di wilayah kerjanya dan tahu apa yang harus dibina dari setiap Puskesmas sesuai kondisi dan masalah yang ada," ujar Wabup. 

Ia meminta apa-apa yang masih kurang juga disebutkan dengan Dinas terkaiat sehingga bisa secara bertahap untuk dilengkapi. "Puskesmas salah satu sarana yang vital jadi tak ada kata tidak sarana harus lengkap," pungkasnya. (rd/tih)

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini