Ini yang Wajib Ibu Hamil Lakukan Sebelum Mudik

Dibaca: 172 kali  Sabtu,10 Juni 2017 | 07:04:00 WIB

Ini yang Wajib Ibu Hamil Lakukan Sebelum Mudik
Ket Foto :

Jakarta, Perjalanan mudik bukan urusan yang mudah bagi ibu yang sedang berbadan dua. Butuh persiapan fisik dan emosional agar tetap nyaman hingga sampai ke tempat tujuan.
 
Ketika hamil, seorang ibu mengalami perubahan secara fisiologis. Perubahan-perubahan tersebut membuat ibu hamil mudah merasa lelah dan pegal-pegal dalam perjalanan mudik. Keterbatasan tersebut, menurut psikolog harus diantisipasi agar tetap nyaman saat mudik.
 
"Sebaiknya, terima keterbatasan yang ada, jangan melakukan denial. Dengan begitu, bunda bisa lebih mempersiapkan hal-hal yang membuatnya lebih nyaman," tutur Anna Surti Ariani, psikolog anak dan keluarga dari Klinik Tiga Generasi.
 
Selain itu, ibu hamil juga butuh membuat dirinya merasa nyaman agar perjalanan mudik lebih menyenangkan. Bisa dengan mengenakan pakaian yang tidak panas, atau membawa bantal agar posisi duduk lebih nyaman.
 
"Selain itu, bawalah benda-benda yang dapat menghibur selama perjalanan seperti foto-foto atau surat yang bisa membangkitkan kenangan indah," tambah psikolog yang akrab disapa Nina ini.
 
Baca juga: Berangkat Mudik Malam Hari, Siapkan Ini Agar Anak Tetap Nyaman
 
Yang utama, wanita yang sedang mengandung harus tetap beristirahat selama melakukan perjalanan mudik. Oleh karenanya, cari tahu lokasi tempat peristirahatan yang dilalui di jalur mudik. "Jangan merasa rugi waktu, dengan beristirahat justru akan mengembalikan mood dan stamina hingga sampai ketempat tujuan," terang Nina.
 
Di samping itu, sediakan pula cemilan sehat untuk tetap menjaga asupan nutrisi untuk ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi biskuit, susu, atau bekal sehat lainnya seperti sandwich agar terhindar dari perasaan tidak nyaman seperti pusing atau lemas di perjalanan. Semoga perjalanan mudik Anda tetap menyenangkan!
 
Baca juga: Agar Terhindar dari Kecelakaan, Cukupi Jam Tidur Sebelum Mudik. (rep01/dc)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini