Susah Nagih Utang Kepada Teman? Ini Tips untuk Anda

Dibaca: 322 kali  Selasa,23 Agustus 2016 | 09:59:00 WIB

 Susah Nagih Utang Kepada Teman? Ini Tips untuk Anda
Ket Foto :

Terkadang ada teman Anda yang sedang mengalami masalah keuangan dan akhirnya meminjam uang kepada Anda. Saat Anda ingin menagih kembali uang Anda, apakah Anda merasa tidak enak untuk menagihnya kembali?
 
Sebenarnya pekerjaan ini tidak sulit, bahkan mudah. Sayangnya karena berhubungan dengan teman sendiri perasaan serba tidak enak membuatnya menjadi serba sulit. Jika dipikir-pikir Anda yang memiliki uang mengapa Anda yang jadi repot sendiri?
 
Berikut 4 tips menagih utang kepada teman Anda:
 
1. Ingatkan ia untuk membayar utang
Sebaiknya Anda jangan cepat berburuk sangka kepada teman Anda, bisa jadi memang teman Anda adalah pelupa sehingga ia melupakan kewajibannya untuk mengembalikan uang yang ia pinjam. 
 
Jangan ragu untuk mengingatkannya, teman Anda tidak akan marah hanya karena Anda mengingatkannya masalah uang yang dipinjamnya.
 
2. Semangat
Mungkin teman kamu beralasan belum memiliki uang tapi, jangan menyerah. Mintalah komitmen dari teman Anda tersebut kapan akan mengembalikan uang Anda. Hal ini penting agar, Anda merasa tidak dikerjai.
 
3. Sesekali Kerjain Balik
Waktu gajian teman Anda tetap tidak membayar utangnya? Anda harus mengambil langkah yang tegas. Misalnya, saat makan siang mintalah teman Anda untuk membayar dulu tagihannya, saat teman Anda menagih uang makanan tadi, katakan bahwa dia juga masih punya utang padamu. Mungkin akan terkesan jahat tapi ini adalah langkah efektif untuk menghadapi teman yang menyebalkan dalam masalah uang.
 
4. Berani Menolak
Saat teman Anda belum mengembalikan uang Anda tapi masih berani meminjam uang Anda lagi, lebih baik Anda menolaknya. Daripada sakit hati karena uang yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan? Jadi segera hindari meminjamkan uang pada teman Anda lagi sampai ia mengembalikan uang Anda yang dulu.
 
Membantu teman yang memerlukan bantuan memang tidak ada salahnya. Tapi ingat jangan sampai hal ini membuat masalah baru buat Anda. Selamat mencoba. (rep05)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini