Syamsuar: Peremajaan Sawit Jadi Keharusan

Dibaca: 294 kali  Sabtu,20 Agustus 2016 | 01:46:00 WIB

 Syamsuar: Peremajaan Sawit Jadi Keharusan
Ket Foto :

Dayun-Peremajaan sawit ini memang sudah menjadi keharusan untuk dilaksanakan. Sebab, sawit yang sekarang sudah lebih dari 25 tahun dan sudah menurun hasil produksinya.
 
“Karena itu harus dilakukan peremajaan,” kata Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, saat melakukan sosialisasi peremajaan sawit baru-baru ini di Kecamatan Dayun.
 
Diakui dia,  dalam upaya untuk peremajaan kebun sawit yang ada, tentunya antara petani dan pihak-pihak terkait harus memiliki kekompakan dan keterikatan agar adanya keseimbangan antara petani dan pemilik pabrik kelapa sawit, karena ini saling memerlukan.  Kepedulian yang dilakukan oleh koperasi masyarakat untuk mau  melakukan peremajaan sawit, memberikan dampak positif, karena memang produksinya sudah menurun. 
 
“Patut menjadi pertimbangan kita dan masyarakat, hal ini agar kemiskinan tidak bertambah,” kata dia.
 
Sebab itu,  perlu peremajaan sawit agar ke depan dapat meningkatkan produksi sawit  untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.  “Pemkab  masih melihat masyarakat belum menyadari, dianggap kebun yang ada masih berproduksi dan dikira sertifikat hak milik hilang, adanya sertifikat kebun yang belum berbalik nama, masih banyaknya sertifikat kebun yang masih menjadi jaminan bank maka memerlukan take over,’’ paparnya.  (rep05/rpc)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini