Akhir Mei, Bus Trans Metro Buka Rute Bandara SSK II

Dibaca: 454 kali  Selasa,24 Mei 2016 | 02:20:00 WIB

 Akhir Mei, Bus Trans Metro Buka Rute Bandara SSK II
Ket Foto :

PEKANBARU-Masyarakat Pekanbaru yang ingin ke Bandara tidak perlu bingung lagi. Karena selain taksi, dalam waktu dekat Bus Trans Metro  Pekanbaru bakal  membuka rute Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.
 
Bahkan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) ternyata sudah  melakukan ujicoba dan rencananya akhir Mei nanti rute tersebut bakal resmi dibuka.
 
Kepala UPT Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP), Dishub Kominfo Pekanbaru, Wisnu Haryanto  saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/5/2016) mengakui, melayani rute bandara, pihaknya sudah menyiapkan 20 unit bus hibah yang baru saja dikirim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI ke Pekanbaru.
 
"Kita sudah siapkan 20 unit bus dari 35 bus yang dihibahkan Kemenhub untuk melayani penumpang di Bandara ini. Bus ini akan kita operasikan rute koridor satu Pandau-Bandara-Pelita Pantai," katanya.
 
Bahkan untuk rute ke bandara SSK itu, pihaknya  sudah melakukan ujicoba pelayanan bus TMP di Bandara SSK II, Senin (23/5).Karena rencananya  akhir Mei ini bus TMP rute Bandara ini sudah bisa dioperasikan. 
 
Sejatinya, dengan status Bandara SSK II sebagai bandara internasional, selayaknya selain taksi, akses menuju bandara ada transportasi lainnya. Seperti di Bandara Kuala Namu Internasional Airport di Sumatera Utara.
 
Apalagi Bandara SSK II  dengan status Internasional  sudah  melayani penumpang setiap harinya 7.000 sampai 8.000 orang.
 
Senada, Direktur Sarana Pembangunan Pekanbaru Hari Susanto mendukung rencana tersebut. Karena keberadaan bus TMP ke bandara dinilainya sangat membantu masyarakat. Cuma  yang menjadi catatan, pelayanan bus trans metro ke bandara selayaknya juga harus didukung dengan halte ber AC dan beberapa syarat lainnya. Tujuannya jelas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa.
 
"Setidaknya, dengan rute ke Bandara SSK, sebagai salah satu moda transportasi selain taksi, tentu akan semakin banyak pilihan masyarakat untuk menuju bandara," katanya. 
 
Untuk diketahui, bus TMP sudah pernah melayani penumpang dari dan ke Bandara SSK II Pekanbaru beberapa tahun silam. Namun setelah Bandara SSK II mengalami renovasi menyeluruh dan statusnya menjadi Bandara Internasional, bus angkutan massal ini tidak diperkenankan lagi melewati rute tersebut.
 
Jadi keputusan mengembalikan rute ke bandara SSK II ini diharapkan memberi manfaat kepada semua pihak dan menjadi salah satu sumber penambahan PAD bagi kota Pekanbaru.(rep05/rpc)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks