Bupati Yopi akan Kumpulkan Camat Cegah Konflik

Dibaca: 500 kali  Rabu,09 Maret 2016 | 11:49:00 WIB

 Bupati Yopi akan Kumpulkan Camat Cegah Konflik
Ket Foto :

RENGAT-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto menjadwalkan menggelar rapat koordinasi terkait rencana aksi tim terpadu penanganan konflik sosial bersama seluruh camat. Ini merupakan tindak lanjut Rakornas tim tepadu penangan konflik sosial yang diikuti Bupati H Yopi Arianto di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (7/3).
 
“Hasil Rakornas ini akan saya sampaikan langsung kepada seluruh camat sehingga rencana aksi tim terpadu penangan konflik sosial dapat terlaksana dengan baik dan mampu meredam setiap benih konflik yang akan muncul di Kabupaten Inhu,” ujar Bupati H Yopi Arianto didampingi Kepala Badan Kesbangpol Inhu Adri Bahar dan Kabag Humas Jawalter.
 
Dijelaskan Yopi, potensi konflik yang yang memungkinkan dapat terjadi di Kabupaten Inhu antara lain terkait sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan perkebunan, konflik batas wilayah hingga isu menyangkut suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). 
 
Karena itu, peran camat sangat penting dan strategis karena dituntut mampu memetakan dan mencegah setiap potensi konflik yang memungkinkan terjadi di wilayahnya sehingga tidak merugikan masyarakat.
 
Ditambahkan Bupati, Pemkab Inhu telah membentuk tim terpadu penanganan konflik sosial yang diharapkan mampu meredam setiap potensi konflik di tengah masyarakat, termasuk membangun sistem peringatan dini guna mencegah dan meluasnya konflik.
 
Tim terpadu ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial yang harus dipedomani dalam upaya mencegah, menghentikan dan memulihkan situasi pasca konflik.(rep05/rmc)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks