Solok Selatan Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor

Dibaca: 392 kali  Rabu,10 Februari 2016 | 01:18:00 WIB

Solok Selatan Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor
Ket Foto :

PADANG - Banjir dan longsor yang melanda daerah Kabupaten Solok Selatan sejak Senin kemarin membuat Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menetapkan status tanggap darurat untuk 14 hari ke depan .
 
Menurut Kepala BPDB Solok Selatan, Editorial, penetapan masa tanggap darurat sejak kemarin. Masa tanggap darurat akan diperpanjang jika masa penanggulangan bencana belum selesai.
 
“Sejak kemarin kita sudah menetapkan masa tanggap darurat, penetapan ini akibatnya banyak bangunan yang mengalami kerusakan, sawah, dan banyak masyarakat yang berdampak langsung akibat banjir ini dan ada korban jiwa,” katanya, Selasa (9/2/2016).
 
Untuk saat ini warga sudah melakukan pembersihan terhadap rumah mereka yang masuk lumpur akibat banjir tersebut.
 
Sementara Plt Kepala BPBD Sumatera Barat Zulfiatno mengatakan, untuk level provinsi sendiri belum menetapkan masa tanggap darurat.
 
“Ini masih bisa di atasi pemerintah kabupaten kota, jadi masa tanggap darurat itu pemerintah kabupaten dan kota sendiri yang memutuskan, kecuali pemerintah setempat tidak bisa mengatasinya baru kita tetapkan tanggap darurat,” katanya.
 
Namun, BPBD terus melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan terus menyalurkan bantuan kepada korban banjir. Untuk daerah Solok Selatan, ada tiga kecamatan yang dilanda banjir dan longsor, Kecamatan Sei Pagu, banjir disebabkan akibat luapan Sungai Bangko dengan Sungai Liti.
 
Di Kecamatan Pauh Duo, banjir merendam rumah warga dan jalan umum, sawah, perkebunan dua dua jembatan roboh diterjang banjir di Jorog Sungai Duo dan abrasi jalan lintas Padang Aro-Muara Labuh. Serta Longsor di Jorong Taratak, Nagari Alam Pauh dan menelan korban sebanyak enam orang dari jumlah tersebut satu orang belum ditemukan.
 
Kecamatan Sangir, banjir mengakibatkan abrasi Jalan Padang Aro liki-Pasar Muara Labuh menghanyutkan satu unit mobil Toyota Avanza (travel), namun sopir dan penumpang selamat. Banjir juga merobohkan beberapa jembatan di wilayah Sangir. (rep05)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks