Ingat Ya, 9 Maret Gerhana Matahari Bisa Dirasakan di Riau

Dibaca: 430 kali  Senin,01 Februari 2016 | 08:02:00 WIB

Ingat Ya, 9 Maret Gerhana Matahari Bisa Dirasakan di Riau
Ket Foto :

Jakarta-Gerhana matahari di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang tidak hanya akan dirasakan oleh penduduk di Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur Maluku Utara (Malut) saja. Akan tetapi akan bisa disaksikan juga oleh penduduk Palembang, DKI Jakarta, dan Riau.
 
Gerhana matahari total (100 persen) akan dirasakan di Maba Halmahera dan Palembang pada Rabu 9 Maret 2016 mendatang sekitar pukul 09.00 WIB. Sedangkan gerhana matahari 93 persen akan dirasakan oleh penduduk di Kota Pekanbaru dan Jakarta pada 9 Maret 2016 pukul 06.30 WIB pagi.
 
Para ilmuwan Eropah akan datang ke Indonesia. Salah satunya adalah para ilmuwan dari Prancis yang akan berkunjung ke Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara (Malut) untuk menyaksikan gerhana matahari total sekaligus melakukan penelitian terhadap peristiwa alam yang akan terjadi 9 Maret 2016.
 
"Para ilmuan dari Prancis itu akan ke Maba sebelum 9 Maret 2016 menggunakan pesawat khusus dengan membawa berbagai peralatan canggih yang akan digunakan meneliti gerhana matahari total," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku utara, Samin Marsaoly kepada pers beberapa waktu lalu.
 
Ratusan wisatawan dari berbagai negara juga menyampaikan keinginannya kepada Disbudpar Halmahera Timur untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 di Kabupaten yang terkenal sebagai penghasil tambang nikel terbesar di Maluku utara tersebut. (rep05)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini