Sososk Zidane: Anak Imigran Aljazair yang Kini Melatih Madrid

Dibaca: 452 kali  Rabu,06 Januari 2016 | 01:50:00 WIB

Sososk Zidane: Anak Imigran Aljazair yang Kini Melatih Madrid
Ket Foto :

Madrid-ZINEDINE Zidane lahir pada 23 Juni 1972 di La Castallane, Marseille, Prancis, dengan nama lengkap Zinedine Yazid Zidane. Kedua orang tuanya, Smail dan Malika, adalah imigran asal Aljazair yang hijrah ke Prancis pada 1953 sebelum Perang Aljazair meletus. Ayahnya adalah penjaga toko, sementara sang ibu merupakan ibu rumah tangga.
 
Di La Castallane-lah Zidane mengenal sepakbola dan aktif bermain dengan teman-temannya saat berusia lima tahun. Zidane memiliki tiga sosok yang menginspirasinya yaitu Bla? Sliškovi?, Enzo Francescoli, dan Jean-Pierre Papin.
 
Saat berusia 10 tahun, Zidane gabung US Saint-Henri, salah satu klub yang berdomisili di La Castallane. Setelah satu setengah tahun di US Saint-Henri, dia gabung SO Septemes-les-Vallons setelah mendapat rekomendasi langsung dari pelatih Robert Centenero. Kemampuannya kian terasah sehingga dia bermuara ke AS Cannes.
 
Bersama Cannes, Zidane menghabiskan waktu empat tahun sebelum hijrah ke Bordeaux pada 1992 dan memenangi Intertoto Cup di 1995 setelah mengalahkan Karlsruhe, lalu finis runner up dalam UEFA Cup 1995-1996 usai dibekuk Bayern Munich. Zidane pun dianugerahi Ligue 1 Player of the Year.
 
 
 
Prestasi cemerlangnya bersama Bordeaux membuat Juventus kepincut dan akhirnya pindah ke Turin. Zidane langsung memberikan kontribusi positif untuk Bianconeri dengan juara Serie A 1996-1997 dan Intercontinental Cup 1996. Pada 1998, dia mendapat penghargaan individu berupa FIFA World Player of the Year, dan the Ballon d'Or (Pemain Terbaik Eropa). Di tahun yang sama, Zidane menjadi bintang Tim Nasional Prancis yang menjuarai Piala Dunia 1998. Di final saat melawan Brasil, dia bahkan mencetak dua gol. (rep05)
 
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks