Calon Tunggal Menang Telak di Pilkada Blitar

Dibaca: 430 kali  Kamis,10 Desember 2015 | 01:22:00 WIB

Calon Tunggal Menang Telak di Pilkada Blitar
Ket Foto :

BLITAR - Paslon tunggal Rijanto-Marheinis Urip Widodo (RIDO) di Pilkada Kabupaten Blitar menang 78 % suara. Yakni dengan perincian jumlah pemilih setuju sebanyak 421.702 suara. Sedangkan pemilih tidak setuju sebanyak 76.941 suara atau 14 %. Untuk suara tidak sah sebanyak 8% atau 41.362 suara dengan tingkat kehadiran 540.005 suara.
 
Mengacu DPT sebanyak 964.928 suara, tingkat kehadiran di pilkada paslon tunggal hanya 56 % dan angka tidak hadir atau golput sebesar 44 %. Menurut Cabup Rijanto masih banyak warga Kabupaten Blitar yang mencoblos “Setuju” daripada “Tidak Setuju”. “Hasil perhitungan sementara real count Alhamdulillah masih banyak yang memilih setuju, “ujarnya.
 
Berbeda dengan pilkada normal. Pemilih dalam pilkada paslon tunggal mendapat opsi coblosan “setuju” dan “tidak setuju”. Bila suara setuju lebih besar maka paslon RIDO berhak memimpin Kabupaten Blitar. Sebaliknya bila suara tidak setuju yang unggul maka pilkada akan diundur pada tahun 2017.
 
Informasi yang dihimpun kemenangan paslon RIDO besutan PDI Perjuangan merata. Bahkan suara setuju tetap unggul di beberapa wilayah yang sejak awal dipetakan sebagai basis perlawanan.
 
Misalnya di daerah yang menjadi kantong suara PKB dan PAN yang merupakan rival PDI P, paslon RIDO banyak mendapat dukungan setuju. Kendati demikian di beberapa wilayah Kecamatan Nglegok yang menjadi basis PAN, kemenangan itu tipis.
 
Cabup Rijanto juga mengatakan bahwa golput yang ada di Kabupaten Blitar lebih dikarenakan dikarenakan faktor buruh migran. Hal itu mengingat Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah kantong TKI/TKW terbesar di Jawa Timur. “Karenanya mereka tidak bisa hadir di TPS, “ pungkasnya. (rep05)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini