Kebiasaan Saat Mandi Seperti Ini Bantu Atasi Kulit yang Mengelupas

Dibaca: 418 kali  Rabu,02 Desember 2015 | 07:30:00 WIB

Kebiasaan Saat Mandi Seperti Ini Bantu Atasi Kulit yang Mengelupas
Ket Foto :

Jakarta - Kondisi kulit yang kering dan mengelupas pastinya amat menjengkelkan dan bisa membuat seseorang 'gemas' untuk tidak menggaruknya. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, beberapa perubahan kebiasaan saat Anda mandi bisa dilakukan.
 
Diungkapkan Joshua Zeichner, MD selaku direktur cosmetic and clinical research Departemen Dermatologi Mount Sinai Hospital, kondisi udara yang dingin dan udara yang kering bisa mengubah kelembaban kulit. Akibatnya, terjadi disfungsi barrier di mana kulit mulai kering dan mengelupas.
 
"Untuk membantu mengatasinya, Anda harus mengubah beberapa kebiasaan kecil ketika mandi. Usahakan, jangan lebih dari 10 menit ketika Anda mandi menggunakan air agak panas. Temperatur air yang dipakai pun jangan terlalu hangat," kata Zeichner memberi saran, seperti dikutip dari Men's Health pada Rabu (2/12/2015).
 
Untuk sabun, pilihlah yang mengandung pH rendah. Sebab, kandungan pH tinggi pada sabun bisa mengganggu kelembabn di lapisan lulit luar hingga menyebabkan peradangan serta kulit kering. Ketika menggosok tubuh dengan sabun, sebaiknya gunakan tangan ketimbang loofah atau spons mandi.
 
Pasalnya, tekstur kasar spons atau loofah justru bisa memecah permukaan kulit. Belum lagi loofah dan spons mandi bisa berpotensi menjadi tempat bersembunyinya bakteri. Ketika kulit tergores, maka kontak dengan loofah dan spons justru meningkatkan risiko infeksi.
 
"Kemudian saat mengeringkan tubuh. Banyak orang menggosok kulitnya dengan kencang. Padahal, gesekan serat handung pada kulit justru bisa memperburuk kerusakan di lapisan luar kulit. Akan lebih baik jika Anda mengeringkan tubuh dengan menempelkan handuk perlahan ke seluruh tubuh," lanjut Zeichner.
 
Selesai mandi, amat disarankan untuk menggunakan pelembab. Namun, aplikasikan pelembab ini ketika kulit dalam keadaan masih agak basah agar zat-zat dalam pelembab bisa menembus kulit. Menurut pengalaman Zeichner, memang banyak pasiennya enggan memakai krim pelembab sata kondisi kulitnya agak basah karena trasa tidak nyaman.
 
"Tapi dengan berkembangnya zaman, banyak produk yang lebih ringan dan dengan cepat terserap di kulit. Carilah produk yang mengandung asam lemak ceramides. Diibaratkan, kulit Anda adalah dinding bata dan sel kulit merupakan batu bata. Sedangkan ceramides merupakan palu. Ceramides bisa membantu mengisi celah-celah di lapisan terluar kulit Anda dan menjaga kulit tetap lembab sehingga tidak kering dan tidak mudah terkelupas," tutur Zeichner.(rep04)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini