Waw! Muntah Ikan Paus Ini Laku Rp 252 Juta

Dibaca: 508 kali  Senin,28 September 2015 | 06:14:00 WIB

Waw! Muntah Ikan Paus Ini Laku Rp 252 Juta
Ket Foto :

PARIS – Segumpal muntahan ikan paus yang dijumpai seorang pria hanyut di pantai, ternyata bernilai ekonomi tinggi. Sebuah lelang kemarin melepas benda tersebut dengan harga 11.000 Poundsterling atau sekitar Rp252 juta.
 
Gumpalan muntahan ikan paus yang dikenal sebagai ambergris itu, ditemukan seorang pria di pantai Anglesey, utara Wales awal tahun lalu.Ambergris dapat dijadikan bahan parfum wangi itu dijual kepada seorang peserta lelang melalui telepon.
 
Pemilik perusahaan lelang itu, Adam Partridge berkata, dia sangat respek dengan lelang tersebut.“Seorang lelaki datang kepada kami dan meminta untuk menjual gumpalann muntah sebesar bola rugby ini.
 
“Banyak benda dapat disalah-anggap sebagai ambergris dan setelah dibawa untuk diuji, kami dapati gumpalan itu ternyata sangat berharga,’’ katanya.
 
Ambergris seberat lebih satu kilogram dan berbau busuk itu diperkirakan hanyut di laut selama berpuluh-puluh tahun sebelum terdampar di pantai.
 
Partridge memberitahu, ini adalah kali pertama di dunia Ambergris dilelang.
 
Ambergris dihasilkan dalam usus ikan paus sperma untuk melindungi organ itu dari benda tajam seperti paruh cumi-cumi yang dimakan hewan itu.
 
Ia kemudian dikeluarkan dari usus dengan cara memuntahkannya.
 
Ambergris digunakan dalam industri parfum karena ia dapat membuat parfum itu tahan lebih lama.(rep04/daily post)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini