Paket Kebijakan Jokowi Dinilai Salah Kaprah

Dibaca: 530 kali  Jumat,11 September 2015 | 01:19:00 WIB

 Paket Kebijakan Jokowi Dinilai Salah Kaprah
Ket Foto :

JAKARTA - Peluncuran paket kebijakan ekonomi tahap I yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya dilakukan oleh pemerintah. Namun, paket kebijakan ini dianggap tidak sesuai dengan kondisi pasar saat ini.
 
Pengamat ekonomi Aviliani menuturkan, yang semestinya ada dalam paket kebijakan tahap I pemerintah adalah peningkatan demand. Namun, yang terlihat lebih banyak dalam paket kebijakan tahap I tersebut di sektor produksi.
 
"Pemicunya kan sebenarnya ada pada demand. Kalau kita lihat kebijakannya kebanyakan di produksi kan. Misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dipercepat, itu kan menambah produksi. Tapi kalau demandnya enggak ada, kan gitu kan berarti dia enggak bisa bayar dong. Jadi untuk apa," ujarnya, di JCC, Kamis (10/9/2015).
 
Selain itu, dia menilai yang juga perlu diperhatikan pemerintah adalah harga pangan yang saat ini masih tidak stabil. Pasalnya, harga pangan berhubungan langsung dengan masyarakat dan sangat mempengaruhi perekonomian.
 
"Jadi stabilisasi apa yang mesti dilakukan adalah melibatkan pemerintah daerah, karena selama ini inflasi tidak terjadi di pusat tapi kalau daerah-daerah yang inflasinya yang menjaga suplai demand masih rendah," ujarnya. (rep05)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini