Besok Singapura Gelar Pemilihan Umum

Dibaca: 549 kali  Kamis,10 September 2015 | 03:13:00 WIB

 Besok Singapura Gelar Pemilihan Umum
Ket Foto :

Singapura-Besok Singapura melangsungkan pemilihan umum (pemilu). Untuk kali pertama selama lima dekade terakhir, Partai Aksi Rakyat (PAP) alias Partai Tindakan Rakyat (dalam istilah aslinya) mendapat lawan. Kemarin (9/9), dalam rangkaian pemilu terakhir, PAP dan Partai Buruh (WP) tampil maksimal.
 
"Kita perlu menempatkan sedikitnya 20 wakil di parlemen jika ingin memiliki pemerintahan yang seimbang," kata Low Thia Khiang, ketua WP, di hadapan sekitar 30.000 pendukungnya di kawasan timur Singapura. Dengan 20 wakil di parlemen, oposisi akan memiliki suara. Setidaknya, oposisi bisa menjadi pengontrol sekaligus pengawas pemerintah. 
 
Saat ini Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong sedang tidak populer. Menurut Eugene Tan, dosen ilmu hukum pada Singapore Management University, oposisi bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk mendulang dukungan. "Tidak sekadar penasaran. Publik, tampaknya, akan mulai melirik oposisi. Dukungan terhadap oposisi akan meningkat," ramalnya. 
 
Kendati demikian, dominasi PAP sejak Singapura lahir setengah abad lalu tidak akan mudah ditepis. Sejumlah pakar masih yakin partai Lee itu mendapatkan suara mayoritas. Setidaknya, akan sama dengan performa mereka di parlemen sekarang. Yakni, menguasai sekitar 80 persen dari total 87 kursi parlemen. Sayangnya, larangan survei dan polling membuat publik tidak bisa memprediksi hasil pemilu. 
 
Sementara itu, belakangan netizen Singapura ramai membahas meme tentang pemilu. Mulai karikatur para tokoh politik hingga fenomena-fenomena unik terkait dengan pemilu. Kritik dan saran yang tertuang dalam bentuk kartun itu ikut meramaikan pemilu bebas pertama Singapura sejak Bapak Bangsa Lee Kuan Yew wafat Maret lalu. (rep05)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini