Ini Menu Pendamping Paling Cocok untuk Bayi Sesuai Usia

Dibaca: 507 kali  Rabu,12 Agustus 2015 | 01:17:00 WIB

 Ini Menu Pendamping Paling Cocok untuk Bayi Sesuai Usia
Ket Foto :

BILA bayi sudah memasuki usia enam bulan, sudah saatnya orangtua mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, Anda juga harus memerhatikan menu MPASI yang tepat, agar tidak terjadi kesalahan fatal, dan bayi pun menolak saat diberi makan.
 
Saat berbincang dengan Okezone, Dokter Spesialis Anak dr Jeanne Ros Tikoalu SpA IBCLC di ruang kerjanya, tepat di Poli Anak Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah memberi rekomendasi menu MPASI tepat sesuai usia si bayi. Mau tahu?
 
Bayi enam hingga tujuh bulan
 
Bayi enam bulan sudah seharusnya menerima asupan tambahan makanan atau disebut dengan MPASI. Tapi, moms harus hati-hati saat memberi makan bayi, karena pencernaan mereka masih sangat sensitif. Si bayi hanya bisa mampu mencerna makanan lumat atau dikenal dengan bubur saring. Menunya Anda bisa memilih dua variasi menu seperti nasi dengan buah-buahan atau sayuran saja. Ini ditujukan agar bayi mudah mengenal variasi rasa dan tidak membuat bingung si bayi. Ingat moms, Anda juga tidak boleh memberi tambahan gula dan garam agar lidah bayi peka terhadap rasa asli dari buah dan sayur.
 
Bayi tujuh hingga sembilan bula
 
Setelah bayi sudah mengenal tekstur makanan lumat, saat memasuki usia tujuh bulan moms sudah boleh memberi jenis makanan nasi tim saring. Kali ini menunya sudah bisa ditambah dengan ikan dan daging yang menjadi sumber protein. Selama pemberian MPASI, Anda juga bisa memberi snack kepada si bayi berupa jus buah atau jus sayur sebanyak dua kali sehari.
 
Bayi sembilan hingga 11 bulan
 
Bila bayi sudah memasuki usia sembilan bulan moms juga boleh memberi nasi tim kepada si bayi. Semakin ia tumbuh besar, sistem pencernaan si bayi juga sudah mulai bisa menampung makanan lembek buatan sendiri. Sesekali, Anda juga bisa menambahkan rasa asin dan manis ke dalam makanan si bayi. Sementara waktu, Anda juga bisa memberi menu MPASI instan seperti halnya tepung gasol yang bisa dibeli di supermarket atau toko khusus perlengkapan bayi.
 
Bayi 11 hingga 12 bulan
 
Selama bayi Anda mulai menginjak usia 11 bulan, Anda juga bisa mengenalkan jenis makanan nasi lunak untuk makanan sehari-hari si bayi. Dari usia itu, Anda sudah boleh mengenalkan si bayi agar makan buah potongan agar dia belajar menggigit dan semakin merangsang pertumbuhan gigi si bayi.
 
Bayi di atas 12 bulan
 
Ya, setelah usia 12 bulan, si kecil sudah bebas makan menu apapun seperti halnya makanan keluarga. Anda tidak perlu repot-repot lagi meracik menu MPASI dalam bentuk bubur atau nasi tim. Si kecil sudah bisa makan nasi ditambah dengan sayur, ikan atau daging. Usahakan setiap hari menu makan mereka bervariasi agar tetap lahap makan.(rep05)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini