Tak Laku, American Idol Tak Tayang Lagi

Dibaca: 570 kali  Selasa,12 Mei 2015 | 01:02:00 WIB

Tak Laku,  American Idol Tak Tayang Lagi
Ket Foto :

LOS ANGELES-It is the end of an era. Mungkin itu yang dipikirkan pemirsa televisi yang masih menjadi penonton setia American Idol. Namun, bagi kalangan lain, tahun depan mungkin menjadi saat yang dinantikan. Fox akhirnya menghentikan tayangan kontes pencarian bakat itu tahun depan. Season ke-15 bakal menjadi musim terakhir acara kreasi Simon Fuller tersebut.
   
Akhir dari American Idol diumumkan sendiri oleh Fox Senin (11/5/2015). "Kami terpaksa mengambil keputusan ini pasca pembicaraan serius di internal Fox. Juga setelah presentasi di depan pemasang iklan di New York," demikian pernyataan orang dalam Fox sebagaimana dikutip New York Times.
  
Sebagai farewell bagi jutaan fans di seluruh dunia, musim ke-15 nanti dikemas dengan nuansa nostalgia. "Season terakhir nanti tayang premiere pada Januari 2016. Kami berjanji musim ini menjadi event yang membangkitkan kenangan," kata perwakilan Fox.
 
 "Ini akan menjadi tribute untuk kebersamaan kita selama 14 season. Untuk para pemenang, para kontestan, hingga jutaan pemirsa yang rajin mengirim SMS dan tweet untuk mendukung idola mereka. Mereka jugalah yang memilih juara tiap musim," papar pernyataan tersebut.
  
Ryan Seacrest, host yang memandu acara tersebut sejak musim pertama, dipastikan bakal mengawal season terakhir American Idol. Demikian juga tiga juri beberapa musim terakhir. Yakni, Jennifer Lopez, Harry Connick Jr, dan Keih Urban.
   
American Idol menggebrak dunia pada 2002. Kontes bakat yang pemenangnya ditentukan pemirsa melalui pesan pendek itu disebut-sebut sebagai pionir ajang talent show yang sesungguhnya. Alumnusnya cukup sukses dan merajai dunia entertainment AS hingga kini. Sebut saja Kelly Clarkson, Carrie Underwood, dan Jennifer Hudson.
  
Acara itu untuk kali pertama membuat penonton tidak hanya jatuh cinta kepada para peserta. Tetapi juga kepada juri. Tidak bisa dimungkiri, sejak American Idol, faktor juri dalam sebuah kontes pencarian bakat tiba-tiba sangat penting. Pada musim perdana, jurinya adalah Simon Cowell, Randy Jackson, dan Paula Abdul. Komposisi tersebut sangat pas. Abdul yang selalu positif dan penuh kasih menjadi penyeimbang komentar Cowell yang pedas dan Jackson yang realistis.
 
Namun, faktor juri kemudian menjadi faktor yang "membunuh" American Idol secara pelan-pelan. Terutama setelah Cowell meninggalkan show pada 2010. Rating acara terus turun. Formasi juri yang bergonta-ganti tidak mampu mengangkat pamor American Idol.
 
Yang sempat masuk daftar setelah Cowell hengkang, antara lain, Steven Tyler, Mariah Carey, dan Nicki Minaj. Pertengkaran Carey dan Minaj pada musim ke-11 disebut-sebut sebagai upaya desperate Fox untuk menaikkan rating American Idol. Pada musim ke-14 yang sedang running saat ini, Idol masih mampu menjaring 9 juta penonton dan bertahan di rating 1,4.(crep05)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks