Mantap, Pelabuhan Bagansiapiapi akan Buka Jalur Internasional

Dibaca: 427 kali  Senin,16 Maret 2015 | 01:51:00 WIB

 Mantap, Pelabuhan Bagansiapiapi akan Buka Jalur Internasional
Ket Foto :

Rohil-Kepala Syahbandar Klas V Bagansiapiapi H Mappeati, mengatakan Pelabuhan Bagansiapiapi Batu Enam Kecamatan Bangko direncanakan melayani jalur pelayaran internasional, pelabuhan tersebut masih dalam tahap pengerjaan.
 
"Pembangunan Pelabuhan Bagansiapiapi masih terus dilanjutkan tahun ini (2015-red). Rencananya akan melayani kapal penumpang dan barang jalur luar negeri yakni Portklang dan Portdickson, Malaysia," jelas Mappeati yang juga mantan kepala syahbandar Sei Guntung, Inhil ini, Jumat (13/5).
 
Dikatakan Mappeati, kelanjutan pembangunan pelabuhan tersebut sedang dalam pembahasan di komisi V DPRD-RI. Setelah itu dilakukan proses lelang untuk pengerjaan tambahan, seperti pengecoran.
 
Pelabuhan yang dibangun dibawah kewenangan Direktorat jendral perhubungan laut ini, menurut Mappeati, akan dilakukan lelang ulang, karena pihak Pelabuhan Indonesia (Pelindo) telah mengundurkan diri sebagai pemenang tahap I tahun 2014, Lalu.
 
"Pelindo sudah mengundurkan diri, sekarang akan dilakukan lelang ulang, Kita hanya menunggu saja untuk memonitor kondisi lapangan," ungkapnya.
 
Dirinya yang baru menjabat dua bulan tersebut, mengaku tidak tahu secara rinci anggaran pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi tahap II, karena kegiatanya ditanggani pemerintah pusat.
 
Selain itu, status kepemilikan lahan pelabuhan merupakan hibah dari pemerintah daerah setempat, dengan anggaran pengerjaan dilaksanakan pemerintah pusat(Dirjen Hubla-red).
 
"Bupati meminta supaya pembangunan pelabuhan cepat digesa dan segera beroperasi, sebab kalau pelabuhan mati ekonomi masyarakat bisa lumpuh," ujarnya menirukan.(rep03/mcr)
 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks