Bupati Harris Buka Orientasi Gerakan Pramuka Bagi Kamabigus

Dibaca: 943 kali  Rabu,03 September 2014 | 03:16:00 WIB

Bupati Harris Buka Orientasi Gerakan Pramuka Bagi Kamabigus
Ket Foto : ilustrasi/net

PELALAWAN - Bupati Pelalawan HM Harris selaku Ketua Majilis Pembimbing Cabang (Mabicab) membuka secara resmi orientasi sehari gerakan pramuka bagi Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) dan Pembina Pramuka se kabupaten Pelalawan. Kegiatan yang ditaja Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) 0411 Gerakan Pramuka Pelalawan ini, dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) kecamatan Kerumutan, selasa (2/9) pagi kemarin.
 
Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal MPd yang diwakili Kabid Kurikum Salbiah SPd, Asisten Bidang Aset dan Keuang Setdakab Pelalawan Zuhelmi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) kabupaten Pelalawan Zamhur, Kepala Dinas Kesehatan dr Endid R Pratikno, Kabag Humas Setdakab Farid Muktar, para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 0411 Gerakan Pramuka Pelalawan dan 350 Mabigus serta Pembina Pramuka tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/ MA dan SMK dari tiga kecamatan yakni kecamatan Pangkalan Lesung, Ukui dan kecamatan Kerumutan sebagai peserta orientasi.
 
Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM Harris selaku Ketua Majilis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pelalawan mengatakan, bahwa dirinya mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan orientasi ini. Pasalnya, gerakan pramuka mempunyai peran dan kontribusi besar yang positif dalam perjalanan pembangunan bangsa.
 
"Gugus depan gerakan pramuka merupakan ujung tombak dari pendidikan pramuka yang dilaksanakan diruang lingkup tiap sekolah. Pasalnya, disinilah peserta didik memperoleh pembinaan dan pendidikan," terangnya.
 
Mantan Ketua DPRD Pelalawan ini mengungkapkan, bahwa gerakan Pramuka juga mempunyai peran penting dalam proses pembangunan kabupaten Pelalawan. Terutama dalam membentuk generasi muda Pelalawan yang berkarekter.
 
"Gerakan pramuka Pelalawan diharapkan juga menjadi unsur terpenting menyukseskan visi kabupaten Pelalawan, yakni Pembaharuan menuju kemandirian," paparnya.
 
Ditambahkan Harris, bahwa saat ini pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan sedang giat-giatnya melaksanakan program-program yang sudah dicanangkan oleh pemkab. Diantaranya program Pelalawan Sehat, Pelalawan Cerdas, Pelalawan Terang dan Pelalawan Lancar.
 
"Pemkab secara konsisten dan tentu bertahap mewujudkannya. Untuk itu, saya minta gerakan pramuka dapat selalu aktif dalam proses pembangunan kabupaten Pelalawan, termasuk memberikan saran dan masukan kepada Pemkab Pelalawan," ujarnya.
 
Sementara Kepala Dinas Pendidikan MD Rizal SPd MPd diwakili Kabid Kurikulum Salbiah mengatakan, bahwa orientasi sehari gerakan pramuka di Kerumutan ini, merupakan gelombang ketiga, setelah sebelumnya dilaksanakan di Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras.
 
"Untuk di Kerumutan ini, ada tiga kecamatan yang ikut serta yakni kecamatan Pangkalan Lesung, Ukui dan kecamatan Kerumutan sendiri. Sedangkan tujuan kegiatan orientasi ini agar para Kamabigus dan Pembina dapat memahami pendidikan kepramukaan untuk mendorong peserta didik dalam mengembangkan segala dimensi kepribadian secara seimbang dalam mengintegrasikan pada kurikulum 2013. Serta memantapkan karekter kaum muda melalui gugus depan yang terakreditasi sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum pada Kegiatan Ektrakurikuler," tutupnya. (rep07) 
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini